Perencanaan Pelapisan Ulang Dengan Perkerasan Lentur Pada Turn Pad Bandar Udara Internasional Husein Sastranegara Bandung

Authors

  • Pribadi Asih Politeknik penerbangan indonesia curug
  • Nicky Sealandhi Irnanda POLITEKNIK PENERBANGAN INDONESIA CURUG
  • Thomas Amrata Fitrah POLITEKNIK PENERBANGAN INDONESIA CURUG
  • Risqi Wahyu Jati Utama POLITEKNIK PENERBANGAN INDONESIA CURUG

DOI:

https://doi.org/10.52074/skyhawk.v4i1.230

Keywords:

Tebal Perkerasan, Overlay, Turn Pad

Abstract

Dalam penelitian ini, digunakan data pergerakan pesawat udara dari Bandar Udara Internasional Husein Sastranegara Bandung. Sehingga dapat di rencanakan tebal perkerasan lentur untuk overlay turn pad. Perencanaan tebal perkerasan menggunakan metode perhitungan dari software FAARFIELD dan dianalisan ACN-PCN menggunakan software COMFAA. Kesimpulannya kondisi turn pad saat ini memiliki elevasi yang berbeda dengan badan runway, karena pada saat pekerjaan overlay runway yang pada tahun 2017 tidak termasuk dengan overlay turn pad sehingga memiliki ketinggian yang berbeda, maka harus dilakukannya overlay pada turn pad. Hasil dari perhitungan tebal perkerasan overlay turn pad pada runway 29 dengan tebal surface course (P-401/P-403 HMA Overlay) 5,8 cm, dan pada turn pad runway 11 dengan tebal surface course (P-401/P-403 HMA Overlay) 5,1cm. Didapatkan nilai PCN (Pavement Classification Number) = 57 F/C/X/T pada turn pad runway 29 dan 103 F/C/X/T pada turn pad runway 11. Didapat nilai ACN (Aircraft Classification Number) pada pesawat B 737-800 dalam metode FAARFIELD yaitu 50. Sehingga dapat diketahui bahwa perencanaan overlay turn pad dari hasil perhitungan dengan metode FAARFIELD mampu bertahan untuk jangka waktu yang lama serta mampu untuk melayani operasi B 737-800 dengan beban maksimal secara optimal karena PCN lebih besar dari ACN.

SKYHAWK: Jurnal Aviasi Indonesia Vol. 4 No. 1 (2024)

Downloads

Published

2024-03-11

How to Cite

Pribadi Asih, Nicky Sealandhi Irnanda, Thomas Amrata Fitrah, & Risqi Wahyu Jati Utama. (2024). Perencanaan Pelapisan Ulang Dengan Perkerasan Lentur Pada Turn Pad Bandar Udara Internasional Husein Sastranegara Bandung. SKYHAWK : Jurnal Aviasi Indonesia, 4(1), 319–330. https://doi.org/10.52074/skyhawk.v4i1.230