Motivasi Belajar Taruna Pada Pembelajaran Online Sepanjang Pandemi COVID-19 (Sebuah Artikel Konseptual)

Authors

  • Putra Wicaksono Akademi Penerbang Indonesia Banyuwangi
  • Untung Lestari Nur Wibowo Akademi Penerbang Indonesia Banyuwangi
  • Sabam Danny Sulung Akademi Penerbang Indonesia Banyuwangi
  • Verrel Anthareza Akademi Penerbang Indonesia Banyuwangi
  • A. Irland Patappuri Akademi Penerbang Indonesia Banyuwangi

DOI:

https://doi.org/10.52074/skyhawk.v1i1.7

Keywords:

Motivasi Belajar, Pembelajaran Online, COVID-19, Zoom Meeting

Abstract

Pembelajaran jarak jauh online adalah solusi yang baik untuk menahan penyebaran pandemi COVID-19, para instruktur dan taruna membutuhkannya. Ubah proses pembelajaran dengan menggunakan Internet. Salah satunya dengan  menggunakan aplikasi Zoom Meeting sebagai media pembelajaran di rumah atau pembelajaran jarak jauh. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi tentang dampak COVID 19 terhadap pelaksanaan pembelajaran online bagi taruna bisakah menyelesaikan pembelajaran online dengan benar dan efektif. Penelitian ini menggunakan penelitian pustaka. Motivasi belajar dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal taruna. Pembelajaran online taruna hanya menitikberatkan pada teoritis di dalam kelas, dan sebenarnya pembelajaran praktek terbang masih dilaksanakan secara tatap muka dan masih mengacu pada mata kuliah dan silabus di Training Procedure Manual (TPM), namun dibatasi sesuai regulasi kesehatan. Aplikasi Zoom Meeting merupakan alternatif pembelajaran di kelas, adapun kelebihannya, banyak taruna yang masuk ke dalam aplikasi dan dapat dengan mudah mengaksesnya melalui handphone maupun secara personal melalui komputer, sangat efektif karena mereka sebenarnya dapat bertemu secara langsung, taruna dapat dengan mudah berkomunikasi melalui aplikasi zoom tanpa dibatasi oleh jarak, lokasi, dan waktu, peran taruna dapat diubah dari pasif menjadi aktif dan mandiri, serta relatif lebih efektif. Kekurangannya adalah fasilitas internet atau jaringan tidak tersedia di semua tempat atau area (tidak stabil atau buruk), waktunya singkat, class meeting hanya dapat berlangsung sekitar 40 menit, sistem keamanan yang kurang, penggunaan tidak maksimal, minimnya interaksi instruktur, proses pembelajaran sering kali pelatihan daripada pendidikan.

Downloads

Published

2021-03-31

How to Cite

Putra Wicaksono, Untung Lestari Nur Wibowo, Sabam Danny Sulung, Verrel Anthareza, & A. Irland Patappuri. (2021). Motivasi Belajar Taruna Pada Pembelajaran Online Sepanjang Pandemi COVID-19 (Sebuah Artikel Konseptual). SKYHAWK : Jurnal Aviasi Indonesia, 1(1), 34–40. https://doi.org/10.52074/skyhawk.v1i1.7

Issue

Section

Pendidikan Vokasi Aviasi