Efektifitas Penerapan Pembelajaran Secara Online Terhadap Output Belajar Taruna Di Masa Covid-19

Authors

  • Rizqi Iman Pangestu Pangestu Akademi Penerbang Indonesia Banyuwangi
  • Evin Fajri Irchamsyah Akademi Penerbang Indonesia Banyuwangi
  • Arief Rusdyansyah Akademi Penerbang Indonesia Banyuwangi
  • Suherman Suherman Akademi Penerbang Indonesia Banyuwangi

DOI:

https://doi.org/10.52074/skyhawk.v2i2.115

Keywords:

covid-19, pembelajaran, taruna

Abstract

Virus corona merupakan hal yang berdampak besar dari beberapa sektor, baik dari sektor perekonomian, wisata, manufaktur, sosial, transportasi, pangan, dan pendidikan. Adanya virus corona menjadi hambatan dalam proses pembelajaran taruna. Salah satu upaya menanggulangi penyebaran Virus Corona di Akademi Penerbang Indonesia Banyuwangi dengan menerapkan pembelajaran secara daring. Pembelajaran online merupakan cara mengajar secara online kepada orang yang tersebar di berbagai tempat. Awal dimulainya penelitian ini yaitu pada waktu pandemi Covid-19 terhadap taruna diploma III penerbang sayap tetap angkatan II Akademi Penerbangan Indonesia Banyuwangi untuk mengetahui pengaruh e-learning terhadap prestasi akademik taruna. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh sebanyak 20 taruna. Analisa data menggunakan uji korelasi untuk mengetahui pengaruh variabel IPK Semester II pembelajaran secara daring (X) terhadap IPK Semester IV pembelajaran secara luring (Y). Hasil penelitian menunjukkan nilai korelasi sebesar 0,514. Sehingga, dari penelitian ini disimpulkan bahwa pembelajaran secara online/daring memberikan dampak yang signifikan terhadap output selama belajar di masa pandemi Covid-19.

Vol 2 No 2 (2022) SKYHAWK: JURNAL AVIASI INDONESIA / Article

Downloads

Published

2023-05-29

How to Cite

Pangestu, R. I. P., Fajri Irchamsyah, E. ., Rusdyansyah, A. ., & Suherman, S. (2023). Efektifitas Penerapan Pembelajaran Secara Online Terhadap Output Belajar Taruna Di Masa Covid-19. SKYHAWK : Jurnal Aviasi Indonesia, 2(2), 168–173. https://doi.org/10.52074/skyhawk.v2i2.115