Analisis Pelayanan Jasa Penerbangan Pada Masa Pandemi Dan Perspektif Pemulihan Layanan Jasa Penerbangan di Indonesia

Authors

  • Agung Wahyu Wicaksono Akademi Penerbang Indonesia Banyuwangi https://orcid.org/0000-0003-0843-7664
  • Imam Sonhaji Politeknik Penerbangan Indonesia Curug
  • Ahmad Mubarok Akademi Penerbang Indonesia Banyuwangi

DOI:

https://doi.org/10.52074/skyhawk.v2i1.21

Abstract

Penelitian ini bertujuann untuk mengetahui dan menganalisa pelayanan jasa penerbangan pada masa pendemi serta perspektif pemulihan dari layanan jasa penerbangan di Indonesia. Jumlah penumpang atau pengguna jasa penerbangan mengalami penurunan dari periode Januari hingga Mei 2020 yang mengakibatkan berbagai kesulitan bagi pelaku jasa penerbangan baik maskapai maupun operator Bandar Udara. Akan tetapi pada awal semester II tahun 2020 jumlah penumpang mengalami peningkatan kembali, meskipun tidak signifikan tetapi memberikan harapan yang baik di sektor penerbangan, serta terdapat anomali lain yang terjadi pada industri penerbangan terutama pada jasa angkutan barang. Metode kualitatif menjadi pilihan dari peneliti karena melakukan analisa dari data dan studi pustaka. Data sekunder yang diguanakan adalah hasil penelitian dari peneliti terdahulu pada tahun terakhir. Penelitan ini berfokus pada dampak dari pendemi Covid-19 pada industri penerbangan, analisa pelayanan jasa penerbangan serta perspektif pemulihan layanan jasa penerbangan.

Downloads

Published

2022-06-03

How to Cite

Wicaksono, A. W., Sonhaji, I. ., & Mubarok, A. . (2022). Analisis Pelayanan Jasa Penerbangan Pada Masa Pandemi Dan Perspektif Pemulihan Layanan Jasa Penerbangan di Indonesia . SKYHAWK : Jurnal Aviasi Indonesia, 2(1), 21–29. https://doi.org/10.52074/skyhawk.v2i1.21